Kuliah Tamu Etrepreunership Strategi Bisnis Musik & Pertunjukan Musik Di Masa Pandemi

Teknik alalisa yang digunakan adalah deskriptif yaitu untuk menganalisa information dengan cara mendeskripsikanya atau menggambarkan knowledge yang telah terkumpul. Pada kondisi pandemic covid-19 ini, pemilik usaha harus tetap memutar otak untuk memastikan keuangan usahanya tetap sehat dan bisa bertahan di masa sulit ini. Oleh karena itu, di masa pandemi ini pelaku usaha “dituntut” untuk mengoptimalkan pemasaran online dan digital advertising sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen.

Entrepreneur.com dalam surveinya menemukan bahwa 30 persen adalah angka ajaib yang menarik pelanggan. Bahkan perusahaan e-commerce berbasis Fahsion, menghasilkan tanggapan yang memuaskan dengan menawarkan pengiriman gratis dan diskon di saat krisis ini. “Brand kami lebih memfokuskan untuk menjalin kerjasama bersama platform e-commerce di Indonesia dalam pengembangan bisnis. Strategi ini merupakan salah satu kunci keberhasilan brand Zode untuk terus berkembang dengan cepat di saat pandemi seperti ini,” ucap dia. Pertama, terus melakukan inovasi dan tanggap terhadap kebutuhan market on-line sehingga pelanggan makin loyal terhadap produk.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada dua strategi utama yang dilakukan Kementerian BUMN dalam menghadapi krisis. Kedua, untuk BUMN yang kondisinya bagus harus melakukan lompatan besar, misalnya dengan ekspansi. Akan tetapi, kamu benar-benar perlu mencoba tidak memiliki sugesti bahwa bisnis milikmu akan berakhir akibat pandemi ini, dan cobalah mengelola rasa panik dan stres dengan baik. Sehingga akhirnya, keputusan bisnis yang kamu ambil dapat lebih rasional dan terukur. Selama diberlakukannya PSBB, tentunya masyarakat membatasi ruang gerak mereka secara umum. Apabila mendesak-pun dalam hal pemenuhan kebutuhan, pasti orang-orang akan mencari tujuan terdekat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Hal ini membuat bisnis kafe jadi sepi pembeli, seperti yang dialami hampir semua gerai Starbuck. Kondisi ini membuat pihak Starbuck membuat inovasi cerdas melalui kemasan kopinya. Melansir dari The Iconomics, Starbuck membuat terobosan baru untuk mempertahankan bisnisnya di masa pandemi, salah satunya dengan membuat kemasan kopi literan untuk produk andalan mereka. Apakah kamu menyadari, sejak pandemi marketplace gencar sekali membuat program promo yang terjadwal?

Oleh karena itu, dengan semangat #MariBerbagiPeran, Unilever Indonesia berkomitmen memberikan dukungan senilai total Rp50 miliar untuk Indonesia. Untuk perusahaan berskala besar sudah banyak yang memanfaatkan teknologi ini, akan tetapi masih banyak para pelaku usaha mikro dan kecil yang belum memanfaatkannya secara maksimal. Meskipun begitu perjalanan sektor UMKM dalam mengahadapi pandemi tidak mudah. Teten Masduki selaku Mentri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah mengatakan bahwa akibat adanya pandemi pertumbuhan UMKM terhambat dan mengalami penuruan pendapatan. UMKM di extremely mikro turun pendapatannya dikarenakan tidak ada permintaan. Beberapa usaha cukup tertekan di masa pandemi, di antaranya restoran, lodge, perdagangan, penerbangan, industri pengolahan, konstruksi, pertambangan, dan ekspor barang tambang.

Apabila selama ini kamu terbiasa melakukan promosi dan penjualan secara konvensional di tempat keramaian, maka sudah saatnya untuk kamu beralih ke online marketing untuk memasarkan produk, seperti Google Ads, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Yaitu dengan menyesuaikan bidang bisnis pada isu yang tengah terjadi saat ini. Sebagai contoh, apabila kamu memiliki bisnis yang bergerak di bidang makanan, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menjual beraneka ragam makanan siap masak untuk masyarakat yang tidak ingin ke luar rumah atau menyediakan jasa pesan antar. Hal pertama yang perlu dilakukan ketika menjalani bisnis saat pandemi Covid-19 yaitu dengan memanfaatkan peluang yang ada. Jika perlu, janganlah takut untuk merubah fokus bisnis kamu dan menyesuaikannya dengan kondisi yang ada saat ini.

Pivot adalah aktivitas pengembangan usaha dengan mengubah mannequin bisnis, namun tetap mempertahankan visi. Istilah ini diambil dari gerakan pada olahraga basket, mengubah arah dengan berpijak pada salah satu kaki. Krisis ekonomi akibat pandemi corona membuat perusahaan memutar bisnis, termasuk yang dilakukan market penginapan Airbnb. Karena itu, seorang pebisnis sudah seharusnya bersikap transparan terhadap karyawan. Bahaslah seluruh opsi yang tersedia untuk mengatasi kesulitan yang sedang membelit usaha kamu.

Pemilik usaha harus bijak dalam penggunaan keuangan baik untuk investasi usaha bisnis agar tetap bertahan di masa sulit ini. DI MASA pandemi ini, banyak bisnis atau Usaha Mikro Kecil Menengah yang terkena dampak wabah covid-19 ini. Banyak usaha bisnis yang akhirnya mengalami kebangkrutan maupun mengalami kendala lainnya. Tidak sedikit juga pemilik usaha bisnis yang terus mengembangkan ide serta inovasi dalam mengelola bisnisnya agar tetap berjalan. Perusahaan harus berorientasi pada keterlibatan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menciptakan hubungan yang dalam.

Ini tentu memberikan tantangan sekaligus peluang baru bagi Anda untuk menerima dan menerapkan aturan kenormalan baru dalam bisnis Anda. Berarti kita harus tahu bagaimana cara untuk membuat iklan, salah satunya dengan AIDDA, yang orang tidak hanya melihat namun juga klik hingga beli. Anda harus kuasai web optimization yaitu Search Engine Optimization, SED atau Search Engine Domination. Jadi dari 10 link yang muncul di halaman pertama Google, bisnis Anda bisa muncul hingga 2, three atau bahkan four hyperlink.