Belajar Menjadi Pengusaha Kreatif Dan Tahan Banting Dari Joy

“Modal”, memang erat kaitannya dengan sejumlah uang tertentu untuk membiayai usaha yang kita geluti. Namun selain itu, waktu, ide-ide kreatif, dan networking yang luas juga merupakan “modal” penting untuk memulai usaha. Pertama, salut untuk semangat Mas Dudi yang memiliki cita-cita memulai bisnis sejak dini. Mayoritas mahasiswa memimpikan untuk bekerja di kantor-kantor besar setelah menyelesaikan studinya. Tetapi Mas Dudi berkeinginan untuk berbisnis, saya sungguh salut dengan semangat Anda.

“Ekonomi dunia saat ini sudah berubah dari industri berbasis komoditas menjadi industri berbasis inovasi,” imbuh Tripuna Jaya, Direktur Perdagangan, Komoditas, dan Hak Intelektual Kementrian Luar Negeri Indonesia. Anda tidak perlu meningkatkan tingkat gaya hidup Anda ketika earnings dari bisnis Anda meningkat. Dengan begitu, Anda akan bisa banyak berinvestasi ketimbang harus menghabiskan uang untuk hal-hal yang bersifat tersier. Mereka yang meraih kesuksesan di usia muda pasti memiliki kebiasaan untuk tidak pernah berhenti belajar hal baru dan tidak pernah merasa cukup dengan ilmu yang mereka miliki. Semakin banyak ilmu yang Anda miliki, maka akan semakin banyak juga bekal Anda untuk berinovasi dalam berbisnis. Pemasaran atau promosi merupakan hal yang pada akhirnya akan menentukan seberapa banyak penjualan yang dapat dilakukan.

Modal hanya dari kreativitas

Dengan dukungan modal US$ 8,5 juta atau setara Rp 127 miliar dari beberapa angel investor, Fore Coffee yang baru berdiri tahun lalu sudah memiliki 16 gerai di Jakarta. Di antara investor dalam putaran pendanaan awal itu adalah East Ventures, SMDV, Pavilion Capital, Agaeti Venture Capital, dan Insignia Venture Partners. Peran suami yang sangat mendukung jadi bahan bakar utama bisnis Cemprut.

Ini karena tidak semua orang bisa menghasilkan karya seni seperti itu. Jadi jika Anda punya menggambar, tidak ada salahnya membuka usaha kecil-kecilan ini. Mencari uang saat ini tidak hanya dengan menjadi pekerja untuk perusahaan-perusahaan besar.

Intinya kreativitas adalah memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda. Sedangkan inovasi merupakan kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang. Intinya inovasi adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda. Seorang wirausahawan harus memiliki ide-ide baru yang dihasilkan dari suatu kreativitas yang akan membawa wirausahawan untuk berinovasi terhadap usahanya.

Sebagai seorang pengusaha, tentunya kamu dituntut untuk segera mulai melangkah dan menemukan cara paling efektif untuk segera mewujudkan mimpi-mimpi besar yang telah dicita-citakannya. Pada sesi tanya jawab, banyak peserta yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada narasumber, karena terbatasnya waktu, namun demikian peserta dapat menyampaikan pertanyaannya melalui email. Banyak manfaat yang dapat diambil dari penyelenggaran seminar ini, antara lain diharapkan para peserta yang kebanyakan dari usia muda, dapat lebih mengenal wirausaha. Hal ini akan mendorong para usia muda untuk mencoba memulai usaha sejak dini dan nantinya akan dapat menekan angka pengangguran.

Cara mengembangkan inovasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang pertama adalah wirausahawan tersebut harus mengenali hubungan. Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan baru dan berbeda antara objek, proses, bahan, teknologi dan orang. Untuk membantu kreatifitas, kita dapat melakukan cara pandang kita terhadap hubungan kita dengan lingkungan alam sekitar.